LBH Pers Akan Ajukan Revisi UU ITE

TEMPO.CO , Jakarta:Direktur LBH Pers Nawawi mengatakan bahwa pihaknya akan mengusulkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronika (UU ITE) direvisi. Pasalnya, UU ITE yang sanksinya lebih berat dari KUHP akan membuat orang tidak bebas mengeluarkan pendapatnya. "Revisinya akan lebih disesuaikan dengan UU Pers dan dengan konstitusi," ujar Nawawi ketika dihubungi Tempo, Jumat, 6 September 2013. Menurut Nawawi, saat ini pihaknya tengah merumuskan revisi UU tersebut.

Menurut Nawawi, kasus ditahannya @benhan adalah titik balik mundurnya kebebasan berekspresi."Apa yang dilakukan @benhan kan bukan perbuatan kriminal, dia hanya mengeluarkan pendapat, tapi kok reaksi kejaksaan berlebihan." ujar Nawawi.

Alasan Kejaksaan yang mengatakan Benny menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatannya sehingga mereka memutuskan untuk menahannya menurut Nawawi tidak masuk akal dan menjurus pada klaim sepihak. "Selama ini Benny kan cukup kooperatif, selalu hadir jika dipanggil, maka dari itu, alasan kejaksaan seperti dibuat-buat," ujar Nawawi.

Kamis 5 September 2013 tersangka pencemaran nama, Benny Handoko, ditahan di Rutan Klas I Cipinang setelah menyerahkan berkas-berkas di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Benny ditahan karena dituduh mencemarkan nama baik Muhammad Misbakhun, politisi Partai Golkar melalui cuitannya.Misbakhun menuding Benny mencemarkan nama baik dan memfitnahnya di Twitter pada 8 Desember 2012. Akibat laporannya, Benny dijerat dengan pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Jumat 6 September 2013 penangguhan penahanan @benhan dikabulkan sehingga ia bisa keluar dari Rutan Cipinang. Penangguhan penahanan dikabulkan dengan mempertimbangkan tiga hal, pertama adalah posisi Benny sebagai Kepala Keluarga dan tulang punggung keluarga, dimana kehadirannya sangat dibutuhkan istri dan anaknya yang masih berusia 1,5 tahun. Kedua adalah status Benny yang saat ini masih bekerja. Ketiga adalah jaminan dari istri bahwa Benny akan tetap mengikuti proses hukum dan bertindak kooperatif.

TIKA PRIMANDARI

Berita Terpopuler:

Pesta Tunangan Zaskia Gotik Habiskan Rp 340 Juta 

Diputus, Vicky Tetap Ingin Menikahi Zaskia Gotik

Dukungan untuk Jokowi Menjadi Capres Mengalir

Bunda Putri di Kasus Sapi Adalah Istri Pejabat?

Diam-diam Jusuf Kalla Sering Bertemu Megawati


http://id.berita.yahoo.com/lbh-pers-akan-ajukan-revisi-uu-ite-235252704.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger