Pemerintah Pulangkan 225 TKI dari Suriah

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Leonard A.L Cahyoputra

Tribunnews.com, Tangerang - Kementrian Luar Negeri Indonesia  memulangkan 225 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Suriah. Hal ini dikarenakan kondisi Suriah yang tidak aman pasca adanya dugaan penggunaan senjata kimia dan ancaman intervensi miliiter di negara tersebut.

"Ini adalah bukti keseriusan Pemerintah untuk menyelamatkan warga negaranya di Suriah," kata Wakil Menteri Luar Negeri Wardana saat memberikan sambutan di depan para TKI Suriah di TKI Lounge Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2013) malam.

Ia mengatakan bahwa biaya pemulangan para TKI itu semuanya ditanggung oleh Pemerintah.

Wardana pun meminta kepada para TKI Suriah yang sudah berhasil pulang untuk menghubungi teman-temannya yang masih berada disana.

"Tolong beritahu kepada teman-teman kalian yang masih berada di Suriah untuk segera ke KBRI disana agar kami bisa segera memulangkan mereka," ujar Wardana.

Pemulangan para TKI sendiri dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama terdiri dari 3 orang dengan rute Beirut-Abu Dhabi-Jakarta dan menggunakan maskapai Qatar Airwarys. Gelombang pertama tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 22.05 WIB.

Untuk gelombang kedua berisi 222 orang rute Beirut-Abu Dhabi-Jakarta dan menggunakan maskapai penerbangan Etihad.

Rinciannya, 200 orang melalui sistem block seat dan e-ticket sebanyak 22 orang. Gelombang kedua ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 22.40 WIB.

Dari pantauan Wartakotalive.com, para TKI sangat gembira telah pulang dari Suriah. Suasanan TKI Lounge yang awalnya sepi menjadi riuh setelah para TKI tersebut datang. Terdengar canda tawa mereka ketika mengobrol.

Di tempat yang sama, Koordinator TKI Suriah Suryani mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah karena telah menyelamatkan WNI dari Suriah.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah telah memulangkan para TKI. Baik TKI yang bermasalah atau tidak," ujarnya di depan hadapan Wamen Menlu Wardana dan para TKI lainnya.

Ia mengaku dirinya dan para TKI lainnya diperlakukan dengan baik oleh KBRI di sana.

TKI asal Sumbawa, NTB tersebut berharap teman-temannya yang masih di Suriah bisa pulang selamat ke tanah air.
"Semoga teman-teman kami yang masih disana bisa pulang dengan selamat seperti kami," ujar Suryani yang langsung diamini oleh para TKI lainnya.

Setelah tiba di TKI Lounge, 225 TKI tersebut akan dibawa ke Terminal khusus TKI yang ada di Selapajang, Tangerang untuk didata oleh

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Kemudian mereka akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing melalui armada transportasi yang sudah disiapkan.

Dengan pemulangan tersebut maka sejak Februari 2012 hingga 6 September 2013, pemerintah telah memulangkan 5.339 WNI dari Suriah ke tanah air secara bertahap dalam 179 gelombang.

Selain itu, Pemerintah RI juga telah memfasilitasi pemulangan lebih dari 3.568 WNI melalui pengurusan dokumen keimigrasian, penyelesaian permasalahan ketenagakerjaan, pendekatan dan negosiasi dengan majikan, dan hal-hal terkait lainnya.

Total WNI yang telah dipulangkan adalah sebanyak 8.907 orang.

Baca Juga:

Paus Fransiskus Tidak Setuju Serangan Militer di Suriah

Ada 50 Target di Suriah yang Bakal Diserang AS

Inggris Kucurkan Dana Bantuan Pengungsi Suriah 52 Miliar Poundsterling


http://id.berita.yahoo.com/pemerintah-pulangkan-225-tki-dari-suriah-013022927.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger