Perbaikan rumah Bung Karno, kunci dipesan ke Bandung

MERDEKA.COM. Balai Pelestarian Cagar Budaya akan mulai memperbaiki rumah Pengasingan Bung Karno pekan depan. Dulu rumah yang beralamat di Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu ini ditempati sang proklamator pada tahun 1938 sampai 1942.

"Perbaikan dimulai pekan depan, seluruh peralatan sudah tuntas dipesan, tinggal menunggu diantar ke Bengkulu," kata Koordinator Juru Pelihara Benda Cagar Budaya (BCB) Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi wilayah Provinsi Bengkulu, Sugrahanudin.

Sugrahanudin mengatakan untuk memperbaiki rumah yang dibangun 1918 tersebut tidak mudah karena material perbaikannya harus lah berkualitas tinggi dan bahan tersebut sulit dicari. Sebut saja seperti material kayu untuk beberapa bagian rumah dan juga kunci-kunci model zaman dahulu.

"Bahan-bahan yang dipergunakan kami upayakan sama dengan material saat direhabilitasi pada 1985," tambahnya.

Khusus untuk kunci-kunci pintu dan jendela, langsung didatangkan dari Bandung. Para pengrajin Bandung dianggap mampu membuat model kunci seperti yang diinginkan.

Perbaikan rumah tersebut tidak 100 persen tetapi diprioritaskan pada bagian-bagian yang rusak parah. Seperti kusen yang sudah lapuk, kunci-kunci pintu dan jendela, atap, pengecatan, plafon dan balkon sebelah kanan rumah.

"Dalam kontrak pekerjaan, masa pengerjaan selama 75 hari, tapi mudah-mudahan cuaca mendukung sehingga tepat waktu," ujarnya.

Sementara dalam perbaikan, rumah bersejarah itu tetap terbuka untuk pengunjung.Hanya saja, pengunjung tidak dapat melihat seluruh bagian rumah, terutama pada bagian-bagian yang diperbaiki.

"Kami tidak ingin mengecewakan pengunjung, apalagi banyak yang datang dari luar kota dan provinsi untuk melihat Rumah Bung Karno," katanya.

Bukan pertama kalinya rumah ini direhabilitasi. Sebelumnya, di tahun 2000 akibat gempa besar di Bengkulu, rumah pengasingan tersebut pernah di cat ulang dan dilakukan penyusunan atap kembali.

Sumber: Merdeka.com
http://id.berita.yahoo.com/perbaikan-rumah-bung-karno-kunci-dipesan-ke-bandung-210000184.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger