‘Dolly Siap Tutup Akhir Tahun Ini’

TEMPO.CO , Surabaya:Pemerintah Kota Surabaya bertekad menutup lokalisasi yang pernah disebut sebagai yang terbesar di Asia, Dolly, pada akhir tahun ini. Walaupun, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak mau terburu-buru sebelum pemerintah pusat mencairkan dana santunan bagi para pekerja seks komersial maupun dana dari provinsi untuk para mucikari. »Kalau kami cek di lapangan semua siap," kata Risma kepada Tempo di Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Rabu pekan lalu.

Persoalan dana ini memang masih menjadi ganjalan dari rencana penutupan Dolly. Bahkan, Risma sampai kini mengaku belum menerima kepastian dari pemerintah mengenai jumlah dana yang disiapkan untuk memulangkan para wanita tuna susila tersebut. Pemulangan PSK Dolly, kata dia, butuh dana besar. "Hitungan (Tambak Asri) dengan Dolly Rp 10 miliar lebih. Menurut Kementerian Sosial anggaran itu berat," kata dia.

Risma mengatakan pemerintah kota kini terus berupaya mengkondisikan Dolly siap ditutup secepatnya. Pemerintah Provinsi menargetkan penutupan pada awal tahun depan, tapi Risma siap menutup kapanpun. "Memang ada yang menentang, tapi saya jalan terus, saya enggak takut," katanya.

Menteri Sosial RI Salim Segaf al-Jufri sampai kini belum menyetujui permintaan Wali Kota Surabaya mengenai tambahan anggaran Rp 10 miliar untuk pemulangan PSK Dolly. Kementerian masih meneghitung berapa tanggungan pemerintah pusat dan berapa yang menjadi bagian beban pemerintah daerah.

Salim sendiri berharap lokalisasi Dolly di Surabaya tutup akhir tahun 2013 atau awal 2014 mendatang.

Surabaya memiliki kawasan prostitusi sebanyak enam lokalisasi. Namun sebagian pusat prostitusi itu sudah ditutup, seperti Dupak Bangunsari, yang memiliki 62 wisma, dengan jumlah PSK 3.500 ditutup tahun 2012.  Para PSK di sana mendapatkan pesangon Rp 3 juta setiap orang dari Kementerian Sosial.

Setelah Dupak Bangunsari, Pemerintah Kota Surabaya memang menargetkan menutup seluruh lokalisasi dalam kurun dua tahun ke depan. Pada 2013, lokalisasi yang ditutup adalah Klakah Rejo dan Moroseneng di Kecamatan Benowo dan Tambak Asri di Kecamatan Krembangan. Tahun 2014, giliran Dolly dan Jarak. (Baca lengkap: Edisi Khusus Dolly)

AGITA SUKMA LISTYANTI


http://id.berita.yahoo.com/dolly-siap-tutup-akhir-tahun-ini-225320230.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger