Amir Syamsudin Akui Ada Anak Buahnya Terima Suap

 Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsudin mengakui anak buahnya telah menerima suap berkaitan dengan proses pengangkatan notaris di beberapa wilayah. Oknum tersebut yakni Direktur Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) di Kemenkumham.

Sebab berdasarkan pemeriksaan dan penyelidikan internal Itjen Kemenkumham, diungkapkan Amir, telah ditemukan barang bukti berupa amplop cokelat yang diduga diterima Direktur Perdata, Liliek Sri Haryanto.

Amplop tersebut disimpan Liliek di apartemennya dan baru ketahuan, Sabtu (5/10/2013) kemarin. Setelah dihitung dalam amplop coklat tersebut berisi uang sebesar Rp 95 juta. Namun, Amir menyatakan tidak benar  penangkapan dilakukan Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham) Denny Indrayana. Sebagaimana, dikabarkan selama ini.

Sebaliknya, dijelaskan Amir semua itu berawal dari laporan masyarakat bahwa staf Direktorat perdata menerima amplop coklat dari seseorang untuk diserahkan kepada Direktur Perdata. Menindaklanjuti laporan tersebut dilakukan pemeriksaan oleh tim Inspektorat Jenderal (Itjen) atas dugaan penyimpangan terkait pengangkatan notaris di beberapa wilayah tersebut.

"Dimulai pada Jumat (4/10), pemeriksaan dipimpin oleh Inspektur Wilayah dan beberapa auditor. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat indikasi adanya keadaan di luar prosedur dalam proses penerbitan Surat Ketetapan pengangkatan notaris di beberapa wilayah," kata Amir.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Denny Indrayana menangkap tangan Direktur Perdata, Liliek Sri Haryanto ketika menerima uang dari seseorang terkait pengangkatan notaris di sejumlah wilayah.

Baca Juga:

Amir Syamsudin Akui Ada Anak Buahnya Terima Suap

Dua Wartawan Perancis Diculik di Suriah

Wakil Bupati Lebak Irit Bicara Usai Diperiksa 9 Jam


http://id.berita.yahoo.com/amir-syamsudin-akui-ada-anak-buahnya-terima-suap-145315725.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger