Bambang Soesatyo: Pemerintah Pulihkan Kredibilitas Mahkamah Konstitusi

Jakarta (Antara) - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan pemerintah beserta semua lembaga tinggi negara harus segera bekerja keras memulihkan kredibilitas Mahkamah Konstitusi (MK).

"Fungsi MK untuk membuat keputusan-keputusan yang "legitimate" harus ditegakkan," ujar Bambang di Jakarta, Minggu.

Politisi dari Partai Golkar itu menambahkan menegakkan kembali fungsi MK sangat penting, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya sengketa baru dari rangkaian Pilkada maupun Pilgub.

"MK pun harus mengantisipasi progres dari proses hukum mega skandal Bank Century. Akhir-akhir ini, penyelidikan dan penyidikan kasus Bank Century mencatat sejumlah kemajuan, utamanya dari pengakuan Robert Tantular," kata dia.

Munculnya fakta baru, lanjut dia, ditambah kesaksian pihak-pihak terkait bisa mendorong DPR menggunakan Hak Menyatakan Pendapat (HMP) terkait peran dan tanggung jawab mantan Gubernur BI Boediono, yang kini menjabat Wakil Presiden.

"Jelas bahwa MK harus dalam kondisi solid dan independen ketika DPR harus memilih HMP."

Oleh karena itu, MK tidak boleh dikooptasi oleh pemerintah atau presiden SBY. Terlalu besar risikonya jika muncul kesan MK sudah disusupi sosok-sosok titipan presiden.

"Maka, dalam proses rekruitmen Ketua MK pengganti Akil Mochtar, presiden sebaiknya menahan diri untuk tidak melakukan intervensi terlalu jauh," imbuh dia.

Bambang menyatakan apa yang terjadi pada ketua MK saat ini, mengingatkan orang pada nasib mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Antasari menjadi ketua KPK yang bermasalah dengan hukum ketika dia berniat membongkar kejahatan yang terjadi dalam Pemilu 2009.

"Kini, lewat kasus suap yang melibatkan Akil Mochtar, MK dilumpuhkan saat penyidikan skandal Bank Century yang diduga melibatkan penguasa mencatat kemajuan signifikan. MK dilumpuhkan untuk mengantisipasi HMP DPR atas kasus Bank Century," jelas dia.(rr)


http://id.berita.yahoo.com/bambang-soesatyo-pemerintah-pulihkan-kredibilitas-mahkamah-konstitusi-085220696.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger