Dinasti Atut Berkuasa Karena Punya Akar Rumput

TEMPO.CO, Jakarta--Juru bicara Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Fitron Nur Ikhsan mengatakan duduknya keluarga besar Ratu Atut di eksekutif dan legislatif Banten karena punya sejarah panjang. Kekuasaan ini diperoleh karena peran ayah yang membina jawara Banten sehingga menjadi akar rumput penting dalam pemilihan secara langsung seperti sekarang.

"Ayah Ratu Atut, melestarikan seni budaya, pencak silat, debus dan jawara ini," kata Fitro dalam diskusi di Polemik Sindo Radio, Cikini, Jakarta, Sabtu, 12 Agustus 2013.

Fitron mengatakan, ayah Ratu Atut Haji Chasan Sochib memiliki perusahaan besar, CV Ciomas yang berdiri sejak 1960an. Menurut dia, sejak awal perusahaan ini sudah mendapatkan proyek di Banten dengan nilai ratusan juta. Karena itu tak heran perusahaan ini menjadi besar sejak lama.

Dia mengatakan, orang tua Atut memelihara dan melestarikan seni budaya. Jawara ini diberikan kesempatan tampil saat ada penghelatan di tingkat lokal. Jawara-jawara yang dilestarikan inilah yang akhirnya menjadi akar rumput dan pemilih Ratu Atut. Menurut dia, Atut menjaga hubungan politik lokal dengan sangat baik. "Ayahnya tidak pernah berpikir bahwa setelah reformasi akan ada pemilihan langsung," kata dia.

Dia mengatakan, dulu Ratu Atut dicalonkan menjadi wakil gubernur oleh Partai Persatuan Pembangunan karena akar politik masih rendah. Namun belakangan Ratu Atut melihat akar rumput melalui jawara yang sudah dipelihara bertahun-tahun oleh ayahnya. "Ratu Atut orang modern, menggunakan political marketing juga," ujar dia.

Fitron mengatakan, Ratu Atut bersaing dengan politikus yang tidak memiliki akar rumput. Misalnya pengusaha dari Jakarta yang tidak turun ke Banten. Mereka lalu bersaing dengan Ratu Atut dalam pertarungan politik di Banten. "Fakta grass root ini jangan dilupakan, mereka dirintis sejak lama," kata Fitron.

WAYAN AGUS PURNOMO

Terhangat:

Ketua MK Ditangkap | Dinasti Banten | Dolly Riwayatmu

Baca juga:

Korupsi Dinasti Banten Dirancang Sistematis

Dinasti Atut Dinilai sebagai Miniatur Orde Baru

Abraham Tak Takut Mistis Keluarga Atut

SBY Menyentil Dinasti Politik Ratu Atut


http://id.berita.yahoo.com/dinasti-atut-berkuasa-karena-punya-akar-rumput-222003134.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger