Fathanah dan Luthfi Hasan Ishaaq akan saling bersaksi

MERDEKA.COM. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, hari ini kembali menggelar sidang dua terdakwa kasus suap pengurusan penambahan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan pencucian uang, Ahmad Fathanah dan Luthfi Hasan Ishaaq. Menurut kuasa hukum Luthfi, Muhammad Assegaf, kliennya dan Fathanah akan saling bersaksi dalam sidang masing-masing.

"Saya dapat informasinya pak Fathanah dan pak Luthfi akan saling bersaksi. Soal saksi lainnya saya kurang tahu," kata Assegaf saat dihubungi merdeka.com melalui telepon seluler, Rabu (9/10) malam.

Assegaf mengatakan, Luthfi akan bersaksi lebih dulu di sidang Fathanah. Menurut jadwal, sidang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Nawawi Pomolango itu bakal dimulai pukul 09.00 WIB, Kamis (10/10). Selepas itu, giliran Fathanah bakal bersaksi dalam sidang Luthfi Hasan Ishaaq dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Gusrizal Lubis.

Kesaksian keduanya amat penting dalam persidangan perkara suap kuota impor daging sapi dan pencucian uang. Dalam persidangan terdahulu, Fathanah kerap membantah duit Rp 1,3 miliar diberikan atas persetujuan Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman, melalui anaknya yang juga Direktur Operasional PT IU, Arya Abdi Effendy alias Dio dan Direktur HRD dan General Affair PT IU, H. Juard Effendi, bukanlah uang suap buat Luthfi supaya mau mempengaruhi Menteri Pertanian, Suswono, agar menerbitkan penambahan kuota buat PT IU.

Dia selalu berdalih fulus itu dipakai buat kepentingan pribadi. Luthfi pun kerap mengelak tidak pernah mengusahakan penambahan kuota impor daging sapi buat Grup Indoguna, dengan imbalan sejumlah uang. Dia selalu mengatakan cuma bertanggung jawab secara moral sebagai pimpinan Partai Keadilan Sejahtera saat terjadi krisis daging sapi dan maraknya peredaran daging celeng dan tikus di pasaran.

Dalam persidangan keduanya besok, jaksa penuntut umum juga harus membuktikan soal pencucian uang yang didakwakan kepada Fathanah dan Luthfi.

Sumber: Merdeka.com
http://id.berita.yahoo.com/fathanah-dan-luthfi-hasan-ishaaq-akan-saling-bersaksi-210000225.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger