KPK Belum Geledah Perusahaan Atas Nama Istri Akil

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menggeledah sebuah perusahaan berinisial CV RS di Potianak. Dikabarkan, perusahaan yang berdiri atas nama istri Akil Mochtar sebagai pemiliknya itu diduga menerima banyak aliran dana secara janggal.

"Belum ada penggeledahan di kantor yang di Pontianak berkautan dengan penyidikan tersangka AM (Akil Mochtar)," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2013). Perusahaan itu bergerak di bidang perkebunan dan jasa perdagangan.

Namun, Johan mengaku tak tertutup kemungkinan akan melakukan penggeledahan tersebut. Sepanjang dibutuhkan penyidik KPK.

"Tapi sejauh ini belum ada," tegas Johan.

Kendati demikian, akui Johan, pihaknya sudah mendapat hasil laporan dari Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) yang berkaitan penyidikan kasus dugaan suap penanganan perkara di MK dengan tersangka Akil Mochtar.

Analisa itu membeberkan adanya sejumlah transaksi di CV RS tersebut. Seperti aliran uang Rp 2 miliar yang berkaitan dengan perkara Pilkada Kampar, Riau, dan Rp 500 juta berkaitan Pilkada di Halmahera, Maluku Utara ke CV RS. Masing-masing terjadi pada tahun 2010 dan 2011.

Kemudian, juga tercatat adanya transaksi keluar sekitar Rp 100 miliar ke rekening di dua Bank BUMN. Susi Tur Handayani, pengacara yang diketahui sudah ditetapkan sebagai tersangka bersama Akil, rupanya diketahui juga kerap mengalirkan uang miliaran rupiah ke CV RS tersebut.

Terkait aliran dana itu, Otto Hasibuan, Pengacara Akil Mochtar membantahnya. Namun, dia mengamini bila Susi sudah lama dikenal oleh kliennya. Susi dijerat berkaitan dengan dugaan suap Pilbub Lebak Banten, bersama Akil dan Tubagus Chaeri Wardana.

Johan menolak berkomentar lebih mengenai hal tersebut. Tetapi dia memastikan pemblokiran rekening yang berkaitan dengan Akil Mochtar itu lebih dari satu rekening.

"Atas nama AM terkait penyidikan dugaan TPK di MK, ada beberapa rekening, lebih dari satu yang diblokir," kata Johan.
 

Baca Juga:

Ketua KPK: Ratu Atut Tak Ditahan

Ide Mahfud MD Bentuk Posko Pengaduan Konstitusional Tidak Jelas

Presiden: KPK Tak Perlu Minta Izin Periksa Hakim Konstitusi MK


http://id.berita.yahoo.com/kpk-belum-geledah-perusahaan-atas-nama-istri-akil-120110227.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger