KPU Butuh Lemsaneg Amankan Data Pemilu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum menyatakan tetap membutuhkan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk keamanan data pemilu di 2014.

"Jadi harus terjamin keamanannya supaya antara yang dibangun dari basis bawah dengan yang ditetapkan baik," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Husni mencontohkan pengamanan data pemilu meliputi data partai di KPU, data logistik, data pemilih, peta dapil, laporan keuangan partai dan perolehan suara partai, serta partai mana yang dapat suara tertinggi dan caleg mana yang terpilih.

Husni mengatakan kerjasama tersebut merupakan inisiatif dari KPU. Sebab, pihaknya ingin adanya pengelolaan data yang lebih baik. Ia mengungkapkan seharusnya tidak ada pihak yang mengawatirkan kerjasama tersebut. Pasalnya, posisi data KPU dan pengamanannya tidak dalam posisi yang sama.

Sehingga, KPU menjamin tidak akan ada perubahan data. Serta Lemsaneg juga tidak bisa mengubah data. "Misalnya, data pemilih tetap 180 juta, sampai kapanpun harus 180 juta. Kalau tidak diamankan akan ada serangan dari mana-nama, tiba-tiba data yang ditetapkan KPU dari 165 juta tapi terjadi penggelembungan 210 juta, ini yang diamankan," katanya.

Selain itu, kata Husni, data yang berada di situs hanya untuk membantu KPU mempublikasikan kepada masyarakat dengan cepat. Tapi, KPU, kata dia, tetap memiliki dokumen bersertifikat.

"Yang dipakai itu yang dokumen namual yang bersertifikat, dan sudah ditanda tangani kelompok panitia pemungutan suara," imbuhnya.

Dokumen yang bersertifikat itulah, kata Husni yang bisa dijadikan landasan hukum. KPU, kata Husni, dalam pengoperasikan kebutuhan aplikasi IT tak hanya bekerjasama dengan lemsaneg. Tapi juga ada pihak luar. Husni menambahkan ada perjanjian bahwa lemsaneg tidak dapat masuk ke data KPU

"Ada UI, ITB, BPPT, kalau ada yang lain, bisa diajak kerjasama, setidaknya advise, pengadaan pihak ketiga," katanya.

Baca Juga:

KPU Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2014

Survei PDB: Popularitas Jokowi Bahkan Ungguli Megawati Soekarnoputri

Politisi PDIP; Banyak Politisi Perempuan yang Mumpuni


http://id.berita.yahoo.com/kpu-butuh-lemsaneg-amankan-data-pemilu-133825974.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger