Pengacara Minta KPK Adil Sejak Menyidik Akil Mochtar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengacara Akil Mochtar, Otto Hasibuan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) fair saat menjalankan tugasnya. Otto mempersilakan KPK menuntaskan kasus dugaan suap penanganan dua sengketa Pilbub di MK ini dengan prinsip-prinsip keadilan.

"Saya hanya mengimbau kepada kita semua, kepada orang Indonesia bahwa saya masuk dalam tim ini untuk meluruskan semua persoalan-persoalan. Kalau memang Pak Akil salah harus dihukumlah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tetapi tidak boleh dihukum lebih dari kesalahannya," kata Otto seusai menjenguk Akil di Rutan KPK, Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Otto juga meminta penyidik mampu memilah dugaan-dugaan kepada para tersangka, maupun pada pihak lain yang diduga terlibat. Contohnya, kata dia, bila Akil tak bersalah di persoalan ini, KPK harusnya tidak boleh ngotot untuk menjeratnya. Begitu juga bila di permasalahan lain ternyata itu dilakukan orang lain, KPK lanjut Otto tidak boleh membebankan pertanggungjawaban pidananya kepada Akil Mochtar.

"Jadi kalau dia tidak bersalah inilah yang kita belah (pisahkan). Jadi inilah prinsip yang akan kita lakukan dalam perkara ini," kata Otto.

Pada dasarnya, tegas Otto pihaknya menghormati semua proses hukum yang dilakukan KPK terhadap perkara ini. Namun, kalau ada proses hukum yang dipandang ke luar jalur, maka timnya siap melakukan protes yang keras.

"Jadi bila kami anggap tidak memadai, tentunya akan memberikan koreksi-koreksi karena kami tidak mau orang yang dikatakan tidak bersalah terus di hukum, atau bersalah tapi dihukum berlebihan tdk sesuai dengan kesalahannya," katanya.

Baca Juga:

Sel Bibir Akil Akan Dicocokkan dengan DNA di Lintingan Ganja

KPK Blokir Rekening Akil Mochtar

Hasyim Muzadi: Ada 3 'Keajaiban' dalam Kasus Akil Mochtar


http://id.berita.yahoo.com/pengacara-minta-kpk-adil-sejak-menyidik-akil-mochtar-130051264.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger