Tanam Bakau, Mahasiswa Unhas ke Jerman

TEMPO.CO, Makassar--Setelah melalui proses seleksi ketat, Saiful Syadir dari Universitas Hasanuddin akhirnya terpilih menjadi perwakilan Indonesia di forum Internasional di Jerman pada November 2013 mendatang. Pada penyelenggaran program Bayer Young Environmental Envoy ke-10 di Indonesia, Saiful terpilih atas dedikasinya pada proyek rehabilitasi tanaman mangrove atau bakau di Pulau Tanakeke, Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

"Saiful terjun langsung ke masyarakat untuk menanam bakau seluas 8 hektare demi penyelamatan pulau. Sekaligus membuka aktivitas ekonomi alternatif bagi penduduk di sana," kata perwakilan PT Bayer Indonesia Vennie Melyani kepada Tempo sabtu (6/10).

Menurut Vennie, selain Syaiful, seorang mahasiswi dari Universitas Padjajaran Atika Putri Astrini juga terpilih sebagai wakil Indonesia. Atika memenangkan proyek terbaik atas proyeknya membuat tas belanja lipat cerdas. Dengan menggunakan sistem teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dan teknologi informasi. Atika mengubah tas belanja lipat menjadi kartu anggota atau kartu diskon untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

"Keduanya akan berkunjung ke Jerman pada 11-15 November 2013, dimana mereka berkesempatan untuk mempelajari berbagai tren dan sudut pandang perlindungan lingkungan serta konsep pembangunan berkelanjutan," kata Vennie.

Sejak 2004, setiap tahunnya Duta Muda Lingkungan Bayer (BYEE) mengundang para generasi muda untuk menuangkan gagasannya ke dalam bentuk proposal proyek untuk memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan lingkungan. Proposal-roposal tersebut kemudian dinilai oleh para juri independen. Dua peserta terbaik akan dipilih untuk mewaktili Indonesia dalam forum lingkungan internasional di Leverkusen, Jerman. Satu dari mereka akan dianugerahi penghargaan 'The Best Project' dan akan bersaing dalam kompetisi global BYEE dengan peserta lainnya dari 18 negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Selatan.

Pada tingkat internasional, akan ada tiga pemenang yang mendapatkan dukungan pendanaan untuk memulai dan mengembangkan proyek pelestarian lingkungan di negara masing-masing. Para pemenang tersebut akan diangkat sebagai Bayer Young Environmental Leader 2013,? kata Vennie.

Duta Muda Lingkungan Bayer (BYEE) merupakan kerja sama antara Bayer dan United Nations Environment Programme (UNEP) untuk mendidik generasi muda tentang permasalahan lingkungan. "Tahun ini, Bayer menerima 94 proposal dari berbagai universitas di Indonesia," kata Vennie.

Syaiful Sadir tidak percaya jika proyeknya bisa menang di kompetisi duta muda lingkungan Bayer ini. Karena menganggap masih banyak proyek lingkungan yang lebih baik dari yang dilakukkannya saat ini. "Berat juga sih, karena dari jutaan penduduk Indonesia, saya salah satu yang terpilih," kata Syaiful.

Kepada Tempo, Syaiful yang masih duduk di semester lima fakultas kesehatan masyarakat Universitas Hasanuddin mengatakan, penanaman mangrove di pulau Tanakeke sudah digelutinya sejak kelas 2 sekolah menengah atas. Dimana saat itu dirinya bersama teman-temannya sering melakukan bakti sosial menanam mangrove.

"Mangrove adalah masalah global, tapi orang Indonesia masih menganggap masalah biasa. Mungkin karena belum merasakan dampaknya," kata Syaiful.

Syaiful makin serius untuk menanam mangrove setelah mendapatkan data, bahwa pada tahun 1989 luas hutan mangrove di pulau tanakeke adalah 12 ribu hectare. Tapi dalam kurun waktu 1999 sampai 2003, luas hutan mangrove tersisa 500 hektare. "Mangrove ditebang untuk membuka lahan tambak dan dijadikan arang untuk dijual ke Makassar," kata Syaiful.

Dampak dari berkurangnya mangrove ini, terjadi abrasi pantai. Pendapatan masyarakat dari tambak juga terus berkurang. Karena rantai makanan banyak yang terputus. "Setelah diberikan pemahaman, akhirnya masyarakat mau ikut serta melakukan penghijauan kembali pulau tanakeke. Kami juga berhasil membuat teh dari mangrove," kata Syaiful.

MUHAMMAD YUNUS

Baca juga:

Menikmati Kuliner Serba Madu di Panti Kartini

Ada Festival Tengkleng di Solo

Kopi Minang Solok, Kopi dengan Aroma Rempah

Toilet Terbersih Bandara Sultan Syarif, Pekan Baru


http://id.berita.yahoo.com/tanam-bakau-mahasiswa-unhas-ke-jerman-195451517.html
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© VivaJos Powered by Blogger